Jumat, 27 Februari 2015

Peluang Usaha Menguntungkan di Pedesaan

Peluang usaha yang cocok di pedesaan ada banyak sekali. Mengingat wilayah Indonesia lebih banyak pedesaan dari perkotaan, saya kira sangat perlu untuk memberikan informasi ini untuk anda. Usaha yang bisa dijalankan di desa tentunya memiliki perbedaan dengan usaha yang terdapat di kota – kota besar. Pola hidup, suasana, dan kebiasaan yang lain membuat peluang yang ada juga sedikit berbeda. Kecuali pada usaha usaha dasar seperti sembako yang memang baik di desa maupun kota memiliki pangsa pasar yang bagus. Kebanyakan masyarakat pedesaan lebih menekuni usaha seperti pertania, peternakan, dan berdagang di pasar - pasar tradisional. Baca juga : 22 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Beserta Caranya

Peluang Usaha Menguntungkan di Pedesaan


Usaha dasar di pedesaan

Untuk itu, alangkah baiknya jika anda fokuskan usaha anda pada kebutuhan kebutuan dasar dan pengembangannya. Maksudnya adalah dengan mengenali kebutuhan dasar mereka dan menyediakannya, bisa menjadi peluang yang bagus untuk anda. Contohnya adalah jika di desa anda memiliki akses yang cukup jauh dari pasar atau pusat perbelanjaan, maka anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka took kelontong yang super lengkap. Biasanya semakin lengkap toko anda, semakin banyak orang yang akan memilih toko kelontong anda sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari mereka.

Jika desa anda terdapat banyak petani maka akan sangat menguntungkan jika anda bisa menyediakan akses pupuk untuk mereka. Usaha anda bisa sangat berkembang jika anda bisa merajai kebutuhan pupuk di desa tersebut yang mayoritas adalah petani. Dalam usaha ini anda juga bisa mengambil inisiatif untuk menjadi berbeda. Maksudnya adalah jika di desa anda sudah ada penyedia pupuk yang lebih dulu membuka usahanya maka anda bisa membuat pembeda seperti anda khusus menjual pupuk organic dan memfokuskan pada bidang tersebut. Dengan demikian anda membuat pasar baru yang berbeda dengan pendahulu anda. Intinya kenali apa yang masyarakat butuhkan dan sediakan lah, dengan demikian usaha anda akan berjalan di jalur yang benar.

Jasa yang cocok untuk pedesaan

Tidak melulu soal pertanian dan peternakan atau perdagangan. Bidang jasa juga masih bisa anda garap dan berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar dari sana.

Sebagai contoh, di desa sekarang ini teknologi mulai berkembang pesat. Mulai dari yang paling banyak seperti televisi, handphone dan alat – alat elektronik yang lainnya. Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar orang di pedesaan lebih suka memperbaiki barang yang rusak ketimbang membeli yang baru. “Jika masih bisa diperbaiki mengapa harus beli yang baru?”, mungkin seperti itulah kurang lebih yang mereka pikirkan. Jika kita bisa menyediakan akses perbaikan barang barang elektronik tersebut, sudah dapat dipastikan kita bisa meraup keuntungan yang banyak dari jasa ini.

Nah, demikianlah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Peluang usaha yang ada di desa sebenarnya masih banyak namun akan berbeda beda pada setiap tempat karena ini menyangkut pemenuhan kebutuhan. Jadi kenalilah apa yang menjadi kebutuhan mereka dan sediakan lah. Sekian, terimakasih.

Load disqus comments

0 komentar