Rabu, 26 November 2014

Panduan Bisnis Online yang Menguntungkan

Jika anda sedang mencari informasi tentang bisnis online yang menguntungkan, maka anda bisa simak artikel ini sampai habis. Bisnis online merupakan bisnis dengan jangkauan pasar yang sangat luas. Jika anda ingin sukses dalam bisnis ini maka anda perlu mengenal seluk beluk dari internet itu sendiri.

bisnis online yang menguntungkan
Ilustasi Bisnis Online yang Menguntungkan


Banyak sekali orang yang setiap harinya tidak bisa lepas dari internet. Tujan merekapun berbeda beda. Ada yang sekedar mencari infomasi, lowongan kerja, resep makanan, berita terkini, membeli barang, dan masih banyak lagi. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan manusia terhadap internet terus meningkat dengan tujuan yang berbeda – beda. Hal inilah yang melandasi unculnyapeluang – peluang bisnis online baru dengan potensi lua biasa.

Dari hal yang paling mendasar. Kebutuhan orang –orang dalam mencari informasi, diciptakanlah search engine. Lihatlah google. Jutaan bahkan milyaran dollar setiap hari bisa dihasilkan hanya dari search engine miliknya. Dari kebutuhan manusia terhadap informasi pula lah, banyak sekali perusahaan dan juga peorangan yang menawarkan infomasi berbayar  mereka di internet.

Jika anda ingin memulai usaha baru di internet, maka yang harus anda lakukan pertama kali adalah mengenal pasar. Potensi pendapatan, siapa target pasar anda, siapa kompetitor anda, dan yang paling mendasar adalah seberapa dibutuhkannya produk atau layanan anda.

Mengenal pasa anda, adalah hal yang sangat penting dalam memulai usaha. Bukan sekedar pada potensi pendapatan yang tinggi. Banyak orang gagal menjalankan bisnis, entah apapun, karena mereka hanya terfokus pada berapa besar yang akan mereka dapat tapi mengabaikan yang lain.

Ketidak tepatan dalam memilih jenis bisnis juga menjadi sumber kegagalan yang kedua.  Sebelum menentukan bisnis apa yang akananda jalankan, setidaknya kenali dulu diri anda, kemampuan anda, sumber daya yang anda miliki, dan yang paling berpengaruh adalah seberapa besar minat anda terhadap bisnis yang akan anda kerjakan.

Minim kemampuan, bisa diusahakan. Minim sumberdaya, juga bisa diusahakan. Tapi ketiadaan minat bisa menjadi penghacur usaha anda bahkan sebelum memulainya. Ketertarikan yang tinggi bisa memberikan energi tersendiri bagisi pengusaha. Orang dengan hobi taveling, punya prosentase yang besar dalam bisnis travel agent. Seperti pepatahnya ‘Do what you love, and Love what you do’.

Saya rasa andalah yang lebih tahu siapa diri anda, dan apa minat anda. Saya pribadi memilih bisnis onlne sebagai pendapatan utama adalah karena memang minat saya di sini. Saya suka mencari hal-hal baru, ilmu-ilu baru, dan saya mendapatkan itu dengan mudah di internet. Berawal dari situ saya memiliki modal ketertarikan yang tinggi terhadap internet sehingga menjadikan semua kegiatan bisnis saya tidak lagi menjadi beban. Setiap pekerjaan sayaselesaikan dengan enjoy namun tetap menghasilkan. Itu dia poin pentingnya. Kita enjoy,menikmati, tetapi tetap menghasilkan.

Nah, jika anda sudah tahu apa minat anda, selanjutnya anda perlu tahu apakah minat anda tersebut bisa dikonversikan menjadi bisnis online yang menguntungkan atau tidak. Untuk itu anda pelu mengetahui jenis – jenis bisnis online. Terutama karakteristik dan potensi pendapatannya.

Anda perlu mengetahui karakteristik dari usaha yang anda akan jalankan apakah cocok dengan kepribadian anda atau tidak. Jika kemampuan negosiasi anda jelek, maka bisnis yang bersifat pedagangan langsung bisa jadi akan sangat sulit anda jalankan.

Sedangkan anda perlu tahu potensi pendapatannya adalah untuk menghindarkan dari bisnis yang sebenanya tidak layak dijalankan namun anda tetap jalankan dan membeikan hasil yang tidak sesuai dengan usaha yang anda lakukan.

Oke, saya akan mulai pembahasan mengenai jenis jenis bisnis online yang bisa anda jalankan. Secara garis besar bisnis online bisa dikategorikan menjadi tiga, sepanjang yang saya ketahui. Yang pertama adalah bisnis online yang bersifat penjualan atau marketing, kedua adalah yang bersifat layanan atau jasa, dan yang ketiga adalah ad publisher atau publisher iklan.

Bisnis online bidang marketing


Kita mulai dari yang pertama. Bisnis online yang bersifat penjualan atau marketing memiliki ciri khas yaitu harus ada produk yang kita jual, entah itu produk fisik seperti baju dll, ataupun produk non fisik digital seperti ebook, panduan dll.

Jika anda sudah memiliki produk sendiri, pertanyaannya adalahtinggal bagaimana cara memasarkannya. Lain halnya jika anda belum memiliki produk yang akan anda jual. Daipada pusing pusing anda bisa memulai dengan menjualkan produk orang lain. “Loh nanti rugi dong?”. Jika andamasih berfikir demikian, sudah saatnya anda beubah. Banyak sekali orang yang memberikan komisi 50% hingga 75% per poduk yang berhasil anda jual. Tidak percaya? Silahkanbaca artikel saya tentang mendapatkan $5.000 dari menjualkan produk orang lain.

Bisnis online bidang jasa


Jika anda memiliki keterampilan yang bisa dijual, dan dibutuhkan banyak orang maka pilihan membuka bisnis online bidang jasa bisa jadi pilihan.  Banyak sekali jasa yang bisa anda jual di internet. Mulai dari yang sederhana yaitu penulis freelance (anda juga bisa membaca tulisan saya tentang menjadi penulis freelance), design web, tambah like, tambah follower, jasa SEO website, dan masih banyak lagi jasa yang bisa anda lakukan. Asalkan anda memiliki keterampilan khusus yang menjual, anda bisa memulai usaha dalam bidang jasa.

Bisnis online bidang publisher iklan


Mungkin bagi para pemula dibidang bisnis online hal yang paling lumrah diketahui adalah menjadi publisher iklan. Namun perlu diketahui juga bahwa potensi penghasilan publisher iklan tidak bisa dipandang remeh. Pendapatan $100 dollar per hari sudah menjadi hal biasa dikalangan master. Ada dua pilihan yang bisa anda ambil jika ingin menjadi publisher iklan. Menjadi publisher mandiri, atau ber patner dengan peusahaan advetising yang sudah berpengalaman dan terbuktimembayarseperti google adsense.

Jika ingin menjadi publisher hal yang wajib anda miliki adalah tempat memasang iklan dan traffik. Tempat memasang iklan bisa berupa website, blog, atau aplikasi smatphone. Setidaknya itu yang saya ketahui. Dengan membangun website bertrafik tinggi maka peluang anda untuk memaksmalkan pendapatan dari iklan pun akan tinggi. Selain trafik tinggi, target trafik juga mempengaruhi. Misalkan pengunjung yang berasal dari US memiliki bid yang lebih tinggi dibandingkan trafik lokal. Setelah target trafik, trafik yang tertargetjuga memiliki bid yang lebih besar. Maksudnya adalah orang yang berasal dari search engin memiliki nilai lebih dibandng dari sumber lain.

bisnis online


Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa anda bisa menjadi publiser mandiri atau berpartner dengan perusahan periklanan. Untuk soal publisher mandiri saya tidak akan banyak saya bahas sekarang. Namun untuk publiser yang berpatner saya akan berikan rekomendasi  apa yang bisa anda lakukan.

Cara paling mudah adalah dengan membuat blog, dan mendaftarkannya ke +Google AdSense . Jika anda pikir diterima adsense itu susah. Maka anda perlu membuang itu semua. Susah karena tidak tahu caranya. Saya bisa berkata demikian karena saya telah mebukuktikan sendiri bagaimana mudahnya diterima di google adsense. Hanya perlu waktu satu hari saja akun saya sudah diterima. Anda bisa membaca atikel – artikel berlabel ‘Blog’ di blog ini untuk bisa belajar lebih banyak tentang blog.

Jika anda bisa membuat aplikasi mobile seperti aplikasi android, iOS, atau windows phone anda juga bisa mendaftar di adMob untuk memasang iklan di aplikasi buatan anda. Untuk mendapatkan akun adMob pun sangat mudah dan gratis.

Nah mungkin itu saja dulu yang bisa saya sampaikan untuk saat ini. Artikel mengenai bisnis online yang menguntungkan masih akan bersambung. Dan saya akan mengungkapkan banyak cara dan rahasia meraup penghasilan dari bisnis online. Jadi bookmark blog ini agar anda tidak ketinggalan update berikutnya. Jangan lupa klik google +1 di bagian atas kanan blog ini. profbisnis.com
Load disqus comments

0 komentar