Selasa, 30 Juni 2015

7 Bisnis Ibu Rumah Tangga Menjanjikan

Bisnis ibu rumah tangga – Kali ini pofbisnis akan mengulas tentang beberapa usaha ibu rumah tangga yang menjanjikan dan patut untuk dijalankan. Sebenarnya ada banyak sekali bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga namun kami hanya akan merangkum 7 yang kami rasa cukup bagus untuk dijalankan.


Oke, walaupun bisnis ini untuk ibu rumah tangga bukan berarti penghasilannya kecil. Tidak jarang usaha ibu rumah tangga yang memiliki menejemen bagus, penghasilannya melampauwi gaji karyawan tetap di kantor. Untuk itu anda sebaiknya tidak menyepelekan dan membatasi potensinya jika ingin benar-benar menjalankan usaha ini.

Berikut ide – ide usaha bagi ibu rumah tangga yang bisa anda jalankan:

  1. Bisnis Produsen Kue : jika anda bertanya potensi dari bisnis ini, maka pasar masih terbuka lebar untuk anda. Kegemaran dan kebutuhan masyarakat akan kue cukup tinggi. Jika kita bisa menjalankan marketing nya dengan baik, omzet jutaan bahkan puluhan juta rupiah bukan tidak mungkin bisa kita dapatkan per bulannya. Jia anda punya keterampilan lebih dalam membuat kue sangat disarankan untuk membuka bisnis yang satu ini. Kalaupun tidak, sudah banyak sekali resep kue diluar sana yang bisa anda pelajari. Jika skalanya bisnisnya berkembang, anda juga dapat mempekerjakan beberapa pegawai. Untuk pemasarannya, anda bisa menyebar banyak brosur ke lingkungan sekitar anda. Promosi di surat kabar juga sangat bagus untuk dicoba. Jika anda mau, anda juga bisa bekerja sama dengan swalayan sekitar untuk menitipkan produk anda pada mereka untuk dijual. Tidak jarang pula saat ada event tertentu, si panitia memilih kue sebagai nyamikan atau cemilan bagi peserta. Jika nama anda sudah dipercaya banyak orang maka pesanan demi pesanan sudah pasti akan terus berdatangan. Tak heran jika usaha ini mampu menghasilkan omzet luar biasa untuk ukuran bisnis ibu rumah tangga.
  2. Mengelola Kursus Jahit : Ya mengelola kursus bisa menjadi menyenangkan jika anda adalah orang yang suka bebagi ilmu. Jika anda punya keterampilan menjahit, anda bisa membuka kursus menjahit dan membagikan ilmu yang anda miliki kepada siswa anda. Setidaknya untuk menjalankan bisnis ini anda perlu memiliki beberapa mesin jahit yang digunakan untuk praktek. Anda bisa mulai dengan 5 mesin agar bisa bisa menerima siswa yang cukup banyak.  Bukan rahasia, jika seseorang lebih nyaman belajar secara langsung ketimbang duduk rapi mendengarkan teori yang membosankan dibalik meja. Yah, model mengajar langsung dan privat lebih cocok digunakan dalam kusus menjahit. Masalah datang ketika anda ingin membuka kursus tapi anda sendiri bukanlah orang yang ahli dalam menjahit. Sebenarnya cukup mudah mengatasi ini. Anda tinggal mencai seseorang ahli untuk melatih di tempat anda. Soal gaji anda bisa memutuskan untuk membagi hasil atau digaji secara bulanan.
  3. Menjahit Pakian : mash ada hubungannya dengan menjahit. Kali ini lebih kepada penyediaan jasa menjahit itu sendiri. Memiliki kemamuan menjahit bisa kita manfaatkan untuk membuka usaha ini. Kalaupun tidak memiliki kemampuan menjahit, anda masih bisa mempekerjakan pekerja dengan kemampuan menjahit untuk menjalankan usaha. Anda bisa memilih membayar sesuai pekerjaan yang diambil atau menggajinya pebulan. Masalah utamanya adalah cara pemasarannya. Karena ini adalah produk jasa yang cukup banyak pesaingm anda perlu kreatif dalam mencari konsumen. Salah satunya adalah dengan menyebar bosur ke banyak tempat strategis seperti perumahan, dan toko kelontong. Anda juga bisa memanfaatkan iklan baris di media massa. Jika anda mau, strategi jemput bola juga sangat efektif untuk mendapat konsumen. Sebagai contoh, ketika ada orang yang ingin membuat baju, cukup memanggil anda untuk melakukan pengukuran dirumah konsumen, mendiskusikan detilnya dan melakukan deal ditempat.
  4. Bisnis Katering : banyak yang menjadikan usaha ibu rumah tangga yang satu ini seperti tidak pernah ada matinya. Kebutuhan akan makanan yang besar dari masyarakat membuat bisnis ini bisa terus tumbuh dan bertahan. Nah, yang harus diperhatikan dari bisnis ini selain kualitas makanan adalah pelayanan. Anda dapat menerapkan sistem delivery untuk kateing anda. Ketepatan waktu menjadi sangat penting jika anda melayani pesanan pesanan delivey personal. Jika skala katering anda sudah besar, anda juga bisa untuk meneima pesanan acara-acara yang lebih besar. Lebih lengkap tentang bisnis catering disini!
  5. Bisnis Usaha Mengelola Butik: Kebutuhan pada pakaian saat ini bukan lagi kebutuhan akan penutup badan belaka. Saat ini kebutuhan pakaian sudah sangat berkembang menjadi kebutuhan mode. Mengelola butik saya rasa adalah pilihan yang baik bagi ibu rumah tangga yang ingin memanfaatkan sela-sela waktunya untuk berbisnis. Anda bisa menentukan target pasar anda berdasarkan usia dan jenis kelamin. Utnuk memenuhi kebutuhan akan stok, anda bisa bekerjasama dengan perusahaan konveksi atau pengrajin busana.
  6. Dropshiper online : saat ini bisnis dropshiper sedang naik daun. Tidak perlu stok barang, anda bisa berdagang dengan lancar dan leluasa. Tidak dipusingkan dengan stok dan pengiriman menjadikan bisnis jenis ini sangat digemari. Cukup promosikan dan lakukan pembayaran dan barang langsung dikirim ke pemesan anda.
  7. Berjualan Busana Online: pernahkah anda mendengar wacana bahwa indonesia akan menjadi pusat trand fashion muslim dunia pada tahun 2020? Tapi ini bukan soal itu hehe. Jika anda pikir memiliki butik adalah sesuatu yang memerlukan modal besar, anda patut mencoba peruntungan bisnis busana online. Tidak perlu sewa atau membangun toko, anda bisa berjualan lewat media online seperti media sosial, website, blog, BBM dan lain sebagainya. Keuntungan nya adalah anda bisa menyasar pasar yang lebih luas dan tidak perlu modal besar membuat atau sewa toko. Jika anda serius, bisnis jenis ini memiliki peluang omzet yang besar.
Nah, itulah beberapa peluang usaha yang bisa profbisnis.com bagikan untuk kali ini. Saya rasa usaha ibu rumah tangga yang dibahas diatas sangat layak untuk anda coba. Bagaimanapun bisnis ibu rumah tangga adalah sesuatu yang bisa dikerjakan anda ibu rumah tangga diwaktu-waktu sela tanpa mengganggu aktifitas utama anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, salam sukses.
Load disqus comments

0 komentar