Rabu, 13 Februari 2019

Cara Memasarkan Jajanan Snack dan Kripik

Saat ini banyak peluang usaha rumahan yang bisa dimanfaatkan. Dari yang hanya untuk tambahan penghasilan atau memang dijalankan sebagai sumber pendapatan utama. Salah satu dari industri rumahan yang populer adalah produk snack seperti kripik dan krupuk. Namun lagi – lagi yang dikeluhkan oleh para produsen atau calon-calon produsen yang baru akan memulai terjun di dunia per snackan ini masih bingung dengan cara memasarkan produk mereka.


Nah di artikel ini saya akan coba berikan gambaran dari bagaimana cara memasarkan produk snack jajanan kripik dan krupuk ini secara singkat. Tidak menutup kemungkinan akan dibuat pula artikel – artikel lanjutan untuk memperdalam bahasan kita dalam artikel ini. Oke langsung saja ke pembahasannya.

Baca juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Ampuh bagi Pemula

Jika anda membuka usaha produksi snack ada dua pilihan marketing yang tersedia yaitu menyerahkannya ke distributor/suplier atau memasarkan sendiri. Kedua cara tersebut memiliki plus dan minus nya masing-masing. Seperti jika anda memilih menyerahkan ke suplier, maka anda hanya perlu fokus pada produksi karena semua urusan pemasarannya diserahkan pada mereka. Minusnya adalah untung per pcs lebih sedikit, sehingga anda harus memproduksi lebih banyak jika ingin memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Sedangkan jika anda memilih memasarkan sediri, anda masih harus repot memilkirkan cara pemasaran disamping urusan produksi. Dampak positifnya keuntungan lebih besar karena anda memotong rantai distribusi dengan tidak mengikutsertakan distributor/suplier. Nah ketika anda memilih jalur pemasaran ini, ada beberapa cara yang lazim digunakan oleh orang-orang.

Menitipkan di warung


Dengan anda menitipkan diwarung, anda harus mencari warung-warung yang mau dititipi produk anda. Untuk awal lakukan percobaan dengan tidak menaruh terlalu banyak untuk melihat bagaimana respon dari penjualan produk anda. Jika ternyata produk anda bisa diterima oleh masarakat warung tersebut maka anda boleh menambahnya sesuai dengan perkiraan permintaan per periode. Maksud dari periode disini adalah periode anda melakukukan pengecekan diwarung tersebut dan mengganti stok nya.

Menitipkan di supermarket/swalayan


Cara ini hampir mirip dengan menitipkan diwarung. Bedanya diswalayan anda biasanya akan perlu melewati prosedur lebih rumit jika ingin menitipkan barang di swalayan mereka. Cobalah tanyakan pada mereka bagaimana cara untuk bisa menjual produk anda di swalayan tersebut. Manfaat menitipkan jualan di supermarket adalah kuantias nya bisa lebih besar dari warung biasa. Namun lagi-lagi ini tergantung dari respon pasar menanggapi produk anda.

Menjual di lokasi yang memiliki permintaan banyak


Jika di daerah anda sudah sulit untuk memasarkan, lakukan lah riset lokasi lain yang memiliki permintaan tinggi pada produk anda namun pasokannya masih rendah. Cobalah tawarkan produk snack anda di lokasi baru tersebut.

Memasarkan oline


Untuk solusi ke empat adalah dengan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Anda bisa menjualnya lewat media sosial, atau mempostingnya di situs-situs marketplace seperti tokopedia,bukalapak, dan lain lain.

Itulah beberapa cara yang lazim digunakan dalam memasarkan produk snack kripik dan krupuk atau makanan ringan dari industri rumahan. Sebenarnya pembahasan mengenai hal ini sangat menarik. Dan masih sangat bisa diperdalam. Oleh karena itu, kedepan mungkin saya akan membuat artikel lanjutan yang masih membahas mengenai hal ini dengan lebih dalam atau dengan lebih khusus per bagian. Oleh karena itu anda bisa membookmark blog ini agar tidak ketinggalan artikel-artikel terbaru dari saya. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar