Jumat, 08 Februari 2019

Cara Menemukan Ide Bisnis Ampuh bagi Pemula

Apakah anda ingin memiliki usaha dan masih bingung usaha apa yang akan anda jalankan? Ide usaha terkadang memang sulit dicari jika anda belum tau cara nya. Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang cara menemukan ide usaha dengan kemungkinan gagal rendah. Fokus artikel kali ini adalah pada para pemula yang masih awam di dunia usaha atau yang baru ingin terjun di dunia usaha. 


Masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang saat ingin memulai bisnis adalah menemukan ide. Jika anda adalah salah satu orang tersebut maka sebaiknya anda baca artikel ini hingga selesai.
 

Sebenarnya menemukan ide usaha yang kemungkinan gagalnya rendah itu bisa dikatakan mudah hanya butuh sedikit kecermatan dalam mengamati. Kesalahan yang biasa dibuat pemula adalah mereka cenderung pusing memikirkan produk terlebih dahulu, lalu membuatnya, dan baru mereka berfikir pemasaran seperti apa. Hal yang tampaknya benar ini sangat sering dilakukan oleh orang yang baru pertama berbisnis. Padahal jika anda membuat produk dulu lalu baru memikirkan pemasarannya, resiko barang anda tidak laku bisa saja sangat tinggi. Kenapa? Begini alasannya. 

Perekonomian digerakan oleh dua hal yaitu Suplay & Demand. Kedua hal itu lah yang mempengaruhi bergeraknya ekonomi. Secara sederhana suplay bisa diartikan sebagai ketersediaan produk, sedangkan demand adalah permintaan akan produk. Jika suplay melimpah sedangkan demand rendah maka nilai dari suatu produk akan turun. Begitu pula sebaliknya jika demand tinggi dan suplay rendah maka nilai dari suatu produk akan tinggi.

Jika anda membuat sebuah produk terlebih dahulu sebelum memikirkan pasar nya maka yang anda lakukan adalah membuat produk yang belum tentu memiliki demand yang tinggi di masyarakat. Bukan tidak mungkin sebenarnya produk anda tidak memiliki demand sama sekali. Tentu saja jika hal ini yang terjadi maka bisnis anda kemungkinan besar akan gagal. 

Lain cerita jika anda adalah perusahaan besar dengan permodalan yang kuat. Perusahaan besar biasanya dapat mengatasi hal ini dengan mengedukasi masyarakat dan menciptakan demand akan produk mereka. Namun untuk menciptakan demand diperlukan biaya yang besar dan kemungkinan berhasil yang tidak pasti.

Jika anda adalah pengusaha pemula dengan modal kecil, maka saya sarankan untuk membalik cara anda dalam mencari ide. Tentukan dulu barang apa yang memiliki demand di masyarakat namun suplay nya belum memadai. 

Contoh yang bisa diterapkan adalah lihatlah lingkungan rumah anda. Adakah barang yang dibutuhkan tapi sulit untuk didapatkan karena belum ada yang membuatnya di daerah tersebut, atau memang produknya hanya ada di daerah lain dan pasokan nya belum sebanyak permintaannya? Nah, melihat hal ini anda bisa masuk sebagai orang yang memenuhi permintaan tersebut. Entah dengan membuat produk, atau mengambil produk dan menjualnya kembali. Artinya disini memiliki peluang berhasil yang lebih besar daripada anda membuat produk yang belum tentu memiliki demand di masyarakat.
 
Nah, demikian akhir dari artikel ini. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa melalui kolom komentar atau kontak saya melalui halaman kontak. Semoga artikel ini bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar