Sabtu, 09 Februari 2019

Untung Jutaan Berjualan di Facebook Secara Gratis

Apakah anda memiliki produk namun kesulitan untuk menjualnya secara online? Berjualan online memang saat ini sudah menjadi trend baru marketing. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk berjualan online mulai dari yang gratis hingga berbayar. Adapun cara yang berbayar biasanya lebih praktis akan tetapi jika belum berpengalaman maka kesempatan gagalnya juga besar. Oleh karena itu penjual biasanya perlu untuk banyak mencoba berbagai hal sebelum akhirnya menemukan formula yang tepat. Diluar cara-cara berbayar, sebenarnya banyak juga cara-cara gratis yang bisa anda manfaatkan. Dan tidak bisa diremehkan, tak jarang cara gratis tersebut malah mengahsilkan banyak penjualan jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.


Oleh karena itu pada artikel ini saya akan bahas salah satu cara gratis yang dapat anda lakukan dalam memasarkan produk anda di internet yaitu dengan memanfaatkan sosial media khususnya facebook. Kenapa facebook? Saat ini pamor facebook memamang tak seperti dulu saat masa kejayaan dimana tidak ada sosial media pesaing, akan tetapi facebook masihlah sosial media dengan pengguna terbanyak di indonesia khususnya. Tidak hanya karena penggunanya yang besar, namun kemudahan untuk mencari calon konsumen tertarget pun terbilang cukup mudah.

Baca juga: Dapat Ribuan Dollar dari Internet Modal Dengkul

Nah mari kita mulai pembahasannya. Sebenarnya, berjualan online itu mau dengan cara apapun adalah intinya sama. Yaitu bagaimana kita menggapai calon konsumen tertarget. Calon konsumen tertarget adalah calon konsumen yang sebenarnya memiliki potensi untuk tertarik dengan produk kita. Misalkan jika kita berjualan stick golf, maka sudah tentu orang yang berpotensi untuk menjadi pelanggan kita adalah orang-orang yang memiliki hobi golf. Itu artinya orang-orang dengan hobi bermain golf adalah calon konsumen kita yang tertarget.

Perbedaan antara cara gratis dan berbayar sebenarnya terletak pada seberapa mudahnya kita mengakses para calon konsumen tertarget itu. Tentu cara berbayar seperti memasang facebook ads memiliki kemudahan dalam melakukan itu dibanding dengan cara gratis yang membutuhkan usaha yang lebih banyak. Namun demikian cara gratis yang akan saya sampaikan ini masih layak untuk dijalankan.

Oke, mari langsung ke bagaimana cara mengumpulkan market tertarget di facebook secara gratis. Yang pertama anda harus membuat sebuah akun baru. Boleh dengan nama anda atau nama samaran. Setelah anda memiliki akun, rawatlah akun tersebut dengan artian posting yang rajin setiap hari, namun jangan langsung posting tentang produk anda. Postinglah hal-hal menyenangkan, atau hal-hal bermanfaat yang berhubungan dengan produk anda. Contohnya jika anda berjualan stick golf maka anda bisa mencari video-video lucu orang bermain golf, atau update berita tentang golf, cara-cara bermain golf, tips dan trick bermain golf dan lain sebagainya.

Disamping anda rajin posting hal-hal bermanfaat, anda juga garus mulai mengumpulkan calon konsumen tertarget sebagai teman anda. Yang tidak boleh anda lewatkan dari langkah ini adalah anda harus berinteraksi dengan nya saat permintaan pertemanan anda di acc olehnya. Berinteraksi disini bisa berkomentar dipostingannya, mengirim dia pesan perkenalan, atau sekedar like status terbarunya. Intinya anda harus berinteraksi dengannya. Hal ini diperlukan karena algoritma facebook saat ini hanya akan menampilkan beranda untuk orang-orang yang memang pernah berinteraksi di facebook. Jadi walaupun anda sudah menjadi teman nya, tidak menjamin postingan anda akan muncul di berandanya saat anda memposting sesuatu.

Sekarang mari bahas cara untuk mencari market tertarget. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam hal ini.

Cari facebook page yang relevan dengan produk anda


Dengan mencari facebook page yang relevan dengan produk anda, disitu akan anda temui orang-orang yang berinteraksi di kolom komentar facebook page tersebut. Orang-orang itulah yang bisa anda tambahkan sebagai teman karena mereka kemungkinan besar memiliki ketertarikan dengan produk anda. Ingit, hanya cari yang memang benar-benar relevan dengan produk anda. Jangan buang-buang waktu menambah orang yang diluar itu, karena waktu anda sangat berharga jika dihabiskan untuk meladeni orang yang sebenarnya tidak memiliki ketertarikan sama sekali terhadap produk anda.

Cari grup yang relevan dengan produk anda


Ini hampir sama dengan facebook page, carilah grup facebook yang relevan, dan lihat postingan nya. Jika ada posting yang sesuai dengan produk anda, tambahkan lah orang yang berkomentar di postingan tersebut sebagai teman anda. Ingat, anda masuk grup ini untuk menambah teman bukan ladang promosi. Hal ini penting karena orang melihat grup bukan untuk meliahat promosi jadi melihat postingan iklan anda di grup bisa sangat mengganggu bagi mereka. Jika hal itu yang terjadi bukan hanya anda tidak mendapatkan sales malah bisa – bisa anda di ban dari grup tersebut.

Cari postingan yang relevan dengan produk anda


Carilah postingan-postingan baik video atau apapun yang masih berhubungan dengan produk anda. Lakukan hal yang sama, tambahkan orang-orang yang berkomentar sebagai teman. Dan jangan tergoda untuk berpromosi di situ.

Kunci dari strategi-strategi di atas adalah kesabaran dalam membangun akun anda. Carilah 50 teman setiap hari nya. Lakukan ini sampai akun anda mencapai batas pertemanan yang di ijinkan yaitu 5000 orang. Sembari menunggu teman anda banyak, tetap konsisten berbagi konten-konten yang bermanfaat di akun anda.

Jika akun anda sudah memiliki teman minimal 2000 orang, anda bisa mulai melakukan promosi. Kreatiflah dalam meramu kata-kata promosi. Belajarlah copy writing yang baik untuk menarik calon pelanggan. Namun ingat, sampai tahap ini anda harus tetap memperhatikan konten anda. Jangan melulu promosi. Perbandingan antara posting normal dan promosi sebisamungkin 3:1. 3 untuk posting yang bermanfaat dan 1 untuk promosi. Hal ini bertujuan agar yang menjadi target market kalian tidak merasa menjadi object pemasaran anda. Ini juga sangat penting untuk menjaga kenyamanan dari calon pelanggan anda.

Nah sampai sini dulu pembahasan nya. Jika ada yang ingin ditanyakan , bisa tinggalkan komentar di bawah. Dan bookmark blog ini agar anda bisa mengecek postingan-postingan berikutnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.
Load disqus comments

0 komentar